3 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

3 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Flashdisk sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi setiap orang, apalagi bagi mereka yang bekerja menggunakan laptop, flashdisk menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, flashdisk merupakan tempat penyimpanan file dan data maka tidak heran jika mereka sangat membutuhkannya.

Namun, ada masanya di mana flashdisk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa terbaca pada laptop ataupun komputer. Untuk mengatasi masalah tersebut Kalempedia punya solusi untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di laptop atau komputer.

3 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

1. Cek Port USB pada Laptop atau Komputer

Cek kondisi port USB pada laptop atau komputer kamu, jika ada kerusakan pada port USB itulah yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca. Untuk mengecek apakah port USB pada laptop kamu rusak ialah dengan mencoba mencolokkan flashdisk kamu ke laptop orang lain. Jika flashdisk bisa terbaca maka port USB laptop kamu yang bermasalah.

2. Cek Flashdisk

Selain port USB, kamu juga perlu mengecek flashdisk yang sedang kamu gunakan, apakah masih bagus atau sudah rusak. Jika sudah rusak, flashdisk memang tidak akan terbaca. Untuk mengecek apakah flashdisk kamu rusak atau tidak, ialah dengan cara mencolokkan flashdisk lain ke laptop kamu. Jika tersebut terbaca oleh laptop kamu, maka sudah dipastikan flashdisk kamu yang mengalami kerusakan.

Format Flashdisk

Kamu bisa gunakan 2 cara ini untuk memformat flashdisk. Ini merupakan langkah terakhir namun memiliki resiko yang besar yaitu hilangnya data kamu yang ada di dalam flashdisk.

a. Menggunakan CMD

  • Buka CMD
  • Ketikkan perintah F: /FS:FAT perlu diketkaui jika F: merupakan lokasi flashdisk Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan lokasi flashdisk masing-masing, karena lokasi flashdisk bisa berbeda. Ada yang di F, E, atau D.
  • Klik enter, secara otomatis flashdisk kamu akan terformat dan file yang ada di dalamnya akan terhapus.

b. Menggunakan Disk Management

  • Tekan Wndows + R secara besamaan, lalu ketikkan compmgmt.msc lalu klik OK.
  • nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini
  • Silahkan kamu pilih Storage, lalu pilih Disk Management nantinya flashdisk kamu akan terdeteksi di bagian ini
  • Pilih bagian partisi flashdisk kamu, jangan sampai salah
  • Setelah itu klik kanan dan pilih Format lalu tunggulah sampai proses selesai
  • Flashdisk Anda pun akan terbaca kembali

Demikian cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di laptop ataupun komputer. cobalah satu persatu caranya. Jika kamu punya cara lain, silahkan cantumin di kolom komentar.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Komputer