Cara Untuk Menurunkan Spam Score

Cara Untuk Menurunkan Spam Score

Akhir-akhir ini banyak dibahas oleh orang-orang (khususnya blogger) mengenai Cara Menurunkan SS (Spam Score) yang tinggi.

Karena blog yang mempunyai Spam Score yang tinggi dianggap sebagai blog yang tidak sehat. Blog ber-Spam Score tinggi ibaratnya blog bervirus, bisa menularkan prosentase tinggi Spam Score-nya ke blog lain.

Contents

Apa Itu Spam Score?

Spam Score adalah persentase dari website-website yang mempunyai fitur yang sama dengan halaman tersebut yang sudah dipenalti oleh Google.

Ini adalah sebuah metode penilaian dengan menimbang 27 faktor Spam yang dipergunakan oleh MOZ untuk menentukan apakah suatu cenderung spam atau tidak.

Cara Menurunkan Spam Score

Berikut ini ada beberapa cara yang akan Kalempedia berikan ke kamu yang memiliki jumlah spam score yang tinggi.

1. Mengatur Kotak Komen

Agar sebuah blog tidak terkena Spam Score, kamu harus mengatur kolom komentar kamu. Kamu bisa menghilangkan kolom komentar dari blogmu, atau ganti ke kolom komentar seperti Disqus.

Banyak blog besar yang menghilangkan kolom komentar bawaan mereka, karena takut dijadikan sebagai tempat menyebar link.

2. Tidak Meninggalkan URL Blog

Jangan pernah kamumenyelipkan URL blog kamu di website yang melanggar TOS Google.Sebab ini bisa berakibat fatal bagi blog kamu sendiri.

3. Artikel Original

Cara paling ampuh untuk mengatasi Spam Score yang tinggi ialah dengan selalu update artikel. Tapi perlu kamu ketahui bahwa artikel yang dipublish harus artikel original bukan hasil dari copas (copy Paste).

4. Backlink

Bila di artikel original yang kita tulis akan dibuat inbound link atau sering juga disebut sebagai back link maka kita harus mencari website atau blog yang kualitasnya baik.

Misalnya, bukan situs perjudian, pornografi, atau situs terlarang lainnya. Bisa juga saling bertukar link dengan teman tentunya dengan persyaratan tertentu. Jangan juga bertukar link dengan teman yang Spam Score-nya tinggi.

5. Hapus Broken Link

Selalu pantau apakah ada link yang mati di blog kamu. Jika ada dan dibiarkan terus menerus maka akan memperburuk kesehatan blog kamu. Segera hapus link mati tersebut dan ganti dengan yang baru.

6. Disavow

Disavow artinya penolakan. Jadi ibaratnya kita putus hubungan dengan web atau blog yang mempunyai Spam Score tinggi. Cara untuk disavow, kita membuka Google Search Console, pilih disavow links. Pilih File yang sudah kita siapkan di notepad terlebih dahulu.

7. Atur Media Sosial

Pengaturan media sosial sering juga memengaruhi kecepatan dan kesehatan blog kita. Jangan menyambungkan akses Instagram di side bar, karena akan memperlambat blog kita. Tambahkan akun LinkedIn dan nomor telepon, karena situs spam tidak mencantumkan akun LinkedIn dan nomor telepon.

Demkian cara untuk mengurangi Spam score pada blog ataupun website. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang punya cara lain yang lebih ampuh bisa komen di bawah.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Blog