Skip to main content

Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar serta Manfaatnya Untuk Website

Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar serta Manfaatnya Untuk Website

SEO - Orang yang baru mengenal dan baru membuat website atau blog pasti akan bertanya apa itu SEO? Saya sendiri juga begitu pada awal mengenal dan mencoba membuat blog. Untuk mendapatkan banyak pengunjung website atau blog kita harus berada di mesin pencari (Google, Bing, Yandex dan lain-lain). Untuk bisa menampilkan website atau blog kita di halaman pencari khususnya di halaman 1 maka kita harus melakukan optimasi SEO.

Bagi kamu yang baru membuat website dan belum paham mengenai SEO, mari baca dulu pengertian, konsep dasar serta manfaat SEO bagi website atau blog kamu. Kalempedia akan mengulas sedikit tentang SEO, agar nantinya kamu paham dan bisa menerapkannya di website atau blog.

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) ialah upaya mengoptimasi website untuk mendapat peringkat teratas di hasil pecarian pada mesin pencari entah itu Google, Bing, Yandex atau yang lainnya. Dengan menduduki peringkat teratas pada mesin pencari, peluang untuk mendapatkan pengunjung akan semakin banyak.

Selain mendapatkan trafik organik, SEO juga akan membantu website kamu memperoleh trafik yang tepat. Jadi kamu tidak hanya fokus pada jumlah trafik yang tinggi, namun juga trafik yang tepat dan sesuai dengan tujuan website kamu.

Untuk bisa mendapatkan trafik yang berlimpah dan tepat sasaran, kamu perlu mengikuti aturan-aturan yang diberikan oleh mesin pencari misal Google. Kamu perlu mengetahui bagaimana kerja SEO, algoritma Google serta indikator utama SEO.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten website mana yang layak di posisi teratas, ini berlaku untuk semua mesin pencari mulai dari Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya. Namun saya tidak akan membahas algoritma dari setiap mensin pencari. Saya hanya akan membahas algoritma Google.

Kenapa Google? sebab Google menguasai lebih dari 90% pangsa pasar mesin pencari. jadi ketika kita membicarakan cara kerja SEO, algoritma Google lah yang menjadi patokannya. Jadi kamu wajib mengikuti update algoritma Google ini. Sebab langkah optimasi dengan berdasarkan algoritma lama Google tidak akan efektif, salah satu contoh cara lama yaitu Keyword Stuffing.

Keyword Stuffing adalah praktik memasukkan fokus keyword sebanyak-banyaknya di dalam konten. Dulu cara ini efektif, bahkana jika konten kamu singkat dan tidak relevan bisa berada di posisi teratas. Namun sekarang cara ini sudah tidak efektif bahkan bahaya bagi website kamu. Kamu bisa kena penalti Google dan website kamu masuk dalam list Sandbox Google.

8 Indikator Utama SEO

Indikator SEO selalu berubah, hal ini mengikuti dengan pembaruan algoritma Google. Jika Google memperbarui algoritmanya maka indikator SEO juga ikut berubah.

  1. Struktur URL
  2. Penggunaan SSL/TLS
  3. Topik Konten
  4. Search Intent
  5. Struktur Konten
  6. Meta Tags
  7. Backlink
  8. Kecepatan Loading Website

Jenis-Jenis SEO

SEO terbagi dalam 2 jenis yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya saling berhubungan dan sama pentingnya, jadi kamu harus mempraktikannya pada saat kamu mengoptimasi website kamu.

1. SEO On Page

SEO On Page merupakan langkah-langkah optimasi yang dilakukan langsung di website atau blog kamu. Berikut beberapa langkah yang meliputi SEO On Page:

  • Permalink
  • Judul konten
  • Struktur konten
  • Penggunaan heading
  • Kecepatan website atau blog
  • Tema yang responsig
  • Internal link

2. SEO Off Page

SEO Off Page berbanding terbalik dengan SEO On Page, jika SEO On Page langkah optimasinya dilakukan di Website sedangkan SEO Off Page Dilakukan Di luar website. Salah satu faktor di luar website yang cukup mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Backlink menjadi indikator bahwa konten kamu menjadi rujukan website lain. Semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten kamu, semakin baik. Google menilai website kamu sebagai website yang kredibel dan meningkatkan peluang untuk naik peringkat.

Manfaat SEO

SEO menjadi kewajiban jika kamu memiliki website atau blog, mengapa SEO begitu penting? Apakah manfaatnya sangat besar sehingga begitu penting hingga diwajibkan? Berikut beberapa manfaat dari SEO.

  1. Mendatangkan trafik yang tinggi
  2. Meningkatkan brand awareness
  3. Mendatangkan data customer secara gratis
  4. Bisa bersaing dengan perusahaan besar
  5. Bisa berada di halaman pertama mesin pencarian
  6. Dapat ditemukan dari berbagai kata kunci

Penutup

Demikian artikel mengenai pengertian, konsep dasar serta manfaat SEO. Semoga dengan kamu membaca artikel ini kamu sudah paham tentang SEO walaupun dan bisa menerapkannya di website kamu sendiri.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar