Apa itu DA dan PA? Kenapa Sangat Penting Bagi Website atau Blog?

Apa itu  DA dan PA? Kenapa Sangat Penting Bagi Website atau Blog?

Dalam SEO tentu kita mengenal istilah DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). DA dan PA merupakan sebuah penanda yang menunjukan seberapa kualitas blog kita atau milik orang lain di Search Engine (Mesin Pencari).

DA dan PA sangatlah penting bagi dalam teknik SEO. Banyak orang yang mencari website dengan nilai DA dan PA yang tinggi untuk dijadikan backlink, sehingga blog mereka bisa naik ranking dengan cepat.

Mesin pencari sangat suka dengan website yang mempunyai DA dan PA yang tinggi, contohnya Google. Maka dari itu banyak pemilik website yang berlomba-lomba agar website mereka bisa berada di halaman 1 Google.

Apa Itu DA dan PA?

1. Pengertian DA (Domain Authority)

DA (Domain Authority) dalam suatu website mengacu pada kekuatan domainyang dimiliki oleh website atau blog kamu. Contoh website blogspot.com yang saya gunakan untuk blog Kalempedia memiliki DA 99. Skala ukur DA dan PA itu sama yaitu 100 skor. Semakin tinggi nilai DA pada suatu website maka semakin bagus posisi tau peringkat kamu di SERP.

2. Pengertian PA (Page Authority)

PA (Page authority) merupakan gambaran ranking pada suatu website atau blog yang dilihat atau ditemukan dalam mein pencari. Range angka pada PA adalah 0-100. semakin tinggi nilai PA blog atau website tersebut, maka kemungkinan untuk dapat muncul di search engine sangatlah tinggi. Tidak hanya itu saja, angka-angka ini juga berkaitan dengan relevansi konten pada website maupun blog dan juga linknya pada halaman yang satu dengan yang lain.

Contoh website yang memiliki PA tinggi ialah blogger.com dan goolem.com, mereka mempunyai PA 100. Dan tentunya mereka selalu menduduki peringkat teratas di mesin pencari.

Cara Menaikkan DA dan PA

1. Menaikkan DA

a. Usia Domain

Usia domain menjadi penentu seberapa besar atau tingginya domain atau blog kamu. Maka kamu harus bersabar untuk meningkatkan DA-nya.

b. Popularitas Domain

Untuk hal ini kamu bisa mengetahui lewat berapa inbound link atau backlink yang masuk ke website atau blog kamu. DImana link-link yang masuk tersebut merupakan link yang berkualitas bagus dan tidak spam.

c. Ukuran Domain

Yang saya maksud dengan ukuran domain ialah berapa banyak konten atau artikel yang ada di dalam website atau blog. Jumlah yang dimaksud bukan value melainkan informasi bermanfaat yang diberikan oleh website ataupun blog kepada para pembaca. Untuk itu buatlah konten yang bermanfaat bagi pembaca.

2. Menaikkan PA

a. Update artikel secara teratur. Saat membuat artikel jangan pernah copas sama persis dengan sumbernya.

b. Lakukan backlink yang berkuatilas, jangan pernah spamming apalagi menaruh blog di kolom komentar blog orang lain atau membuat backlink di situs yang melanggar ketentuan.

c. Beri gambar atau video pada konten, karena ini merupakan salah satu dari teknik optimasi SEO on page.

Mungkin hanya itu saja, jika kamu ingin tahu berapa Skor DA dan PA website atau blog kamu, silahkan pasang extensi mozbar atau kunjungi situs moz.com.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Blog