Skip to main content

Mengenal Kerusakan Pada Baterai HP

Mengenal Kerusakan Pada Baterai HP

Ada banyak permasalan yang bisa dialami oleh semua HP entah apapun itu mereknya. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari faktor umur HP yang sudah tua, faktor pemakaian yang berlebihan, atau bisa juga karena faktor produk gagal.

Akan tetap faktor yang paling tinggi menyebabkan kerusakan pada HP ialah karena faktor si pemakainya. Contohnya sperti HP sering jatuh, kerendam air, menggunakan HP pada saat HP dalam kondisi dicas atau tindakan buruk lainnya:

Dari berbagai permasalahan yang ada, satu permasalahan yang seringkali dijumpai oleh pengguna ialah permasalahan pada kerusakan baterai HP. Berikut contoh permasalahannya.

  1. Baterai tidak mau mengisi pada saat dicas
  2. Baterai ketika dicas malah berkurang
  3. Lama penuhnya
  4. Ketika baterai di cas indikator berjalan, namun tidak mau penuh dan ketika charge dicabut hp langsung mati
  5. Ketika hp di cas baterai turun naik, bertamah sekian %, namun turun lagi sampai 0 % dan begitu seterusnya

Kerusakan pada baterai HP bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti IC power rusak, IC charger rusak atau memang dari baterainya.

Penyebab Kerusakan Pada Baterai HP

Untuk menghindari kerusakan alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebab yang bisa merusak baterai pada HP kamu, sehingga HP kamu tidak cepat mengalami kerusakan.

Berikut beberapa penyebab yang bisa merusak baterai HP kamu.

1. HP Dipakai Saat Dicas

Jangan pernah gunakan HP pada saat dicas apalagi untuk bermain game, karena itu akan membuat HP cepat panas dan memperpendek usia baterai.

2. Sering Dicas menggunakan USB Komputer atau Laptop

Kita ketahui bersama bahwa untuk hp saat ini kita bisa mengaktifkan mode charge ketika hp dicolokan ke usb laptop atau komputer pc, sebenarnya sih boleh-boleh saja, namun jika aliran daya dari laptop untuk mengisi baterai tidak stabil bisa menyebabkan baterai hp cepat rusak, bahkan bisa menyebabkan rusaknya perangkat bagian dalam hp, oleh karena itu jangan sering-sering mengisi baterai menggunakan usb.

3. HP Terendam Air

Ketika HP dalam kondisi menyala lalu terndam ke air, hal ini bisa menyebabkan konsleting pada komponen HP karena air masuk ke dalam mesin HP. Hal ini juga berpengaruh ke kondisi baterai.

4. Kerusakan Pada IC Power dan IC Charger

Selain pada baterai yang bersangkutan, kerusakan pada HP juga bisa disebabkan oleh IC Power, IC Charger perangkat HP tersebut.

a. IC Power

Akibat dari IC Power yang rusak:

  • HP Sering mati sendiri padahal daya batarai masih sekian %
  • Ketika dihidupkan baterai menjadi 100% ketika dihidupkan ulang setelah mati sendiri
  • Hp Hidup ketika di charge dan ketika dicabut langsung Mati
  • HP Bisa dicas, namun ketika charger di lepas hp tidak mau menyala

IC Charger

Akibat yang ditimbulkan dari IC Charger yang rusak:

  • Tidak bisa dicas
  • Daya berhenti di sekian %
  • Baterai malah berkurah saat dicas
  • Baterai tidak terisi walaupun sudah dicas sangat lama

HP Dicas Terus Menerus

Hindari pengecasan secara terus menerus, walaupun pada HP sekarang sudah tertanam fitur on-off ketika daya sudah penuh. Namun jika hal tersebut dilakukan secara berulang maka akan berakibat fatal bagi baterai HP, bisa-bisa baterai HP menggelembung.

Hindari Menggunakan HP Sampai Baterai Habis

Pastikan selalu cas HP kalau sudah ada notifikasi baterai lemah. Hal ini supaya menjaga daya tahan baterai, jangan gunakan HP sampa baterainya habis.

Mengidentifikasi Kerusakan Pada Baterai HP

Pengguna bisa saja salah menduga ketika terjadi hal aneh pada baterai HPnya, padahal belum tentu 100% yang rusak itu baterai HPya. Bisa saj yang rusak itu komponen pendukung nya. Berikut cara untuk mengidentifikasi kerusakan pada baterai HP yang bisa kamu lakukan.

  • Coba ganti charger
  • Ganti baterai
  • Perhatikan kondisi baterai

Dengan mengenali kerusahakan pada baterai setidaknya kamu bisa menyimpulkan sendiri apa jenis kerusahakan yang terjadi sehingga bisa diupayakan untuk diperbaiki.

Demikian artikel mengenai Mengenali kerusakan pada baterai HP, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar