Skip to main content

Penyebab dan Ciri-Ciri IC Power HP Rusak

Penyebab dan Ciri-Ciri IC Power HP Rusak

Secara garis besar, kerusakan pada HP dibagi menjadi 2 yaitu kerusakan pada sistem dan kerusakan pada komponennya. Untuk masalah sistem biasanya bisa kita atasi dengan metode flashing saja. Sedangkan untuk kerusakan pada komponennya sulit untuk kita atasi sendiri, solusi yang terbaik hanya mengganti komponen yang rusak tersebut dengan yang baru.

Ada banyak komponen yang terpasang di HP, salah satunya ialah IC (Integrated Circuit). IC sendiri memiliki berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya ada IC Audio, IC Charger, IC Power dan lain sebagainya. Akan tetapi di sini saya akan membahas sedikit tentang IC Power.

Apa itu IC Power?

Sama seperti namanya, IC ini masih berkaitan dengan kerja daya HP.

Fungsi dari IC Power ialah untuk membagikan daya ke komponen lainnya, seperti layar, sinyal, IC lain dan sebagainya di dalam PCB. Jika IC Power rusak, biasanya erat kaitannya dengan dengan HP yang tidak mau menyala. Walaupun sudah ditekan tombol powernya namun tetep tidak ada respon, dan biasanya juga pada saat charge hp tidak muncul jendela Charging seperti biasanya.

Kenapa IC Power Bisa Rusak?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan IC Power pada HP rusak tanpa disadari oleh kita. Diantaranya sebagai berikut:

  • Umur HP yang sudah terlalu tua
  • HP dicas terlalu lama
  • HP sering terlalu panas
  • Kena air
  • Karena speaker aktif

Ciri-Ciri IC Power Rusak

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa menyebabkan rusaknya IC power pada HP, namun yang sering dijumpai sebagai berikut:

HP Mati Total (Matot)

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, jika IC power pada HP rusak maka HP akan mendadak mati total dan tidak ada respon sama sekali pada saat kita hendak menyalakannya kembali.

Biasanya kalau sistem yang rusak, saat kita mencoba untuk menghidupkannya masih ada respon getar. Namun jika IC Power yang rusak seringkali respon getar tidak ada. Begitupun saat dicas, tidak ada notifikasi pengisian sama sekali, meskipu lampu LED menunjukan proses charging sedang berjalan.

Sinyal Hilang

Masalah sinyal juga bisa terjadi jika IC Power di HP mengalami kerusakan. Meskipun kartu SIM diganti, ini tidak akan berpengaruh sama sekali. Terkadang kartu SIM juga tidak terbaca sama sekali.

Tidak Bisa Dicas

Selain diakibatkan oleh IC Charge, ternyata IC Power yang rusak juga bisa menyebabkan HP tidak bisa dicas. Beda dengan mati total di nomor pertama tadi. Jiks di sana baterai masih bisa mengisi, kalau di sini malah sebaliknya.

Baterai tidak akan penuh walaupun kita mengecasnya, notifikasi LED yang menunjukan pengisian pun tidak muncul sama sekali.

Tegangan IC Power Tidak Semestinya

Untuk mengeceknya, kita bisa sambungkan Power Supply tersebut ke konektor baterai. Setelah itu, nyalakan HP dengan tombol power.

Nah, selanjutnya periksa indikator tegangan. Cirinya, jika tidak berubah (sesuai atau stuck), kemungkinan besar IC Power-nya memang rusak.

Solusi Memperbaiki IC Power

ICPower bisa diperbaiki, pergilah ke tempat service HP untuk mengganti IC Power dengan yang baru. Namun sedikit catatan, terkadang ada hal yang menyebabkan teknisi harus mengganti Motherboard HP secara keseluruhan, hal ini biasanya jika HP terkena air. Guna untuk menghindari korosi maka sang teknisi menggantinya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar