Komputer

Cara Menyembunyikan Folder di Laptop atau komputer Windows 10, 8, 7

MasKalem
April 25, 2024
0 Komentar
Beranda
Komputer
Cara Menyembunyikan Folder di Laptop atau komputer Windows 10, 8, 7

Folder merupakan sebuah tempat kita menampung file entah itu text, pdf, gambar atau sebagainya agar lebih tertata dan rapi. Biasanya folder digunakan untuk menyimpan file yang sejenis, biar lebih mudah mencarinya saat kita membutuhkannya.

Saat membuat folder baru, secara otomatis akan nampak dan dapat dibuka oleh siapa pun yang meminjam laptop atau komputer kita. Jika di dalam salah satu folder terdapat file yang bersifat privasi, pasti kita tidak mau dong jika ada orang lain membukanya apalagi melihatnya.

Untuk itu kita perlu menyembunyikan folder tersebut agar orang lain tidak dapat melihatnya di file manager kita.

Kamu bisa menyembunyikannya tanpa perlu bantuan software. Sebab Windows sendiri telah menyediakan fitur tersebut. Berikut tutorial lengkapnya.

Cara Menyembunyikan Folder di Windows 10, 8, 7

Seperti yang sudah kalempedia katakan di atas, bahwa windows telah menyediakan fitur untuk menyembunyikan file atau folder. Jadi kita tidak perlu lagi software tambahan untuk menyembunyikan folder privasi kita.

  1. Buka file manager, lalu silahkan pilih folder mana yang ingin kamu sembunyikan, setelah itu klik kanan pada folder tersebut lalu pilih Properties.
  2. Pada menu jendela yang muncul silahkan hilangkan centang pada tulisan Read Only agar folder tersebut bisa kita modifikasi.
  3. Setelah itu silahkan kamu centang pada tulisan Hidden.
  4. Jika sudah kita tinggal klik Apply untuk menyimpan dan menerapkan perubahan yang telah kita buat.
  5. Pada jendela Confirm Attribute Changes, silahkan klik opsi Apply changes to this folder, subfolder and files untuk menyembunyikan juga folder dan file di dalamnya.
  6. Terakhir, silahkan klik Ok untuk menyudahi pengaturan dan menutup jendela tersebut.

Setelah mengikuti cara di atas folder privasi kita akan otomatis disembunyikan dan tidak akan muncul di file manager kita. Sehingga apabila orang lain meminjam laptop kita, mereka tidak akan melihatnya.

Lalu bagaimana caranya saat kita ingin membuka folder yang disembunyikan tadi? Tenang ada cara untuk kita bisa melihatnya.

Cara Menampilkan Folder yang Disembunyikan

  1. Silahkan buka file manager, lalu buka partisi tempat dimana folder yang kamu sembunyikan berada.
  2. Pada jendela file manager, silahkan kamu klik tab View.
  3. Pada opsi yang muncul, silahkan centang pada tulisan Hidden items untuk menampilkan semua folder dan file yang disembunyikan.

Nah nanti akan terlihat folder yang tadi kamu sembunyikan. Untuk menyembunyikan kembali kamu hanya perlu menghilangkan centang pada tulisan Hidden items.

Itulah cara untuk menyembunyikan folder pada Laptop atau Komputer Windows. Cara ini dapat kamu gunakan pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Silahkan gunakan cara ini jika kamu memiliki folder yang berisi file-file yang bersifat pribadi sehingga perlu untuk disembunyikan.

Penulis blog

MasKalem
MasKalem
Kalem Mase!!!

Tidak ada komentar