Skip to main content

Pengertian, Fungsi dan Perintah Dasar Termux

Pengertian, Fungsi dan Perintah Dasar Termux

Pada artikel sebelumnya saya sudah beberapa kali membahas tutorial menggunakan aplikasi Termux. Namun saya rasa masih ada yang belum mengenai aplikasi Termux. Jadi Pada kesempatan kali ini kalempedia akan mengulas sedikit Pengertian, Fungsi dan Perintah Dasar Termux.

Contents

Pengertian Termux

TERMUX merupakan terminal emulator android yang memiliki environtment sama persis seperti linux. Seperti halnya dengan windows yang menggunakan command prompt sebagai terminalnya.

Termux juga menyediakan beberapa paket yang sama seperti GNU/Linux namun tidak semua paket di GNU/Linux bisa dijalankan oleh termux.

Selain itu juga ada juga aplikasi tambahan atau sebagai pelengkap aplikasi Termux yaitu Termux API dan Termux Tasker.

Termux API berfungsi untuk memudahkan para pengguna mengakses device-API, sedangkan Termux Tasker berfungi untuk menjembatani program Termux dengan tasker.

Fungsi Termux

Fungsi Termux ada banyak sekali, seperti yang sudah saya tuliskan di atas aplikasi ini mirip dengan Linux, sehingga fungsinya juga hampir mirip dengan GNU/Linux, dari mulai perintah-perintahnya atau yang lainnya.

Perintah Dasar Termux

Adapun beberapa perintah dasar yang bisa kamu pakai, diantaranya sebagai berikut.

1. pkg install

Perintah ini dapat kita gunakan untuk memasang beberapa paket yang ada pada sepository Termux, misal jika kita ingin memasang python kita hanya perlu mengetikkan sebuah perintah pkg install python.

2. ls

Perintah ini digunakan untuk melihat direktori kita.

3. nano

nano merupakan sebuah rogram text editor default yang ada pada GNU/Linux yang mempunyai fungsi untuk membuat atau mengedit text atau script, cara penggunaanya kamu hanya perlu ketikan perintah nano namafile.

4. ifconfig

Ifconfig berfungsi untuk menampilkan informasi ip address kita. Bukan cuma ip address namun juga keseluruhan seperti subnet mask dan mac address secara lengkap.

5. date

Dari namanya pasti tahu fungsi dari perintah ini, ya kam benar sekali perintah ini berfungsi untuk menunjukan waktu sekarang pada aplikasi Termux.

6. chmod

Perintah ini digunkan untuk mengubah permission atau akses pada sebuah program, karena program tidak semua dapat dijalankan, atau malahan terkadang kamu menemukan atau menerima pesan operation not permitted itu artinyanya kamu tidak diperbolehkan atau diijinkan untuk menjalankan program tersebut. Untuk solusinya kamu dapat merubahnya dengan mengetikan perintah chmod +x namaprogram.

7. cd

cd (change directory) berfungsi untuk merubah atau berpindah directory atau folder. Cara penggunaanya kamu hanya perlu ketikan perintah cd namafolder, tapi jika kamu hanya mengetikkan perintah cd maka kamu akan dibawa kembali ke menu home atau ke menu awal lagi.

8. clear

Perintah ini berfungsi untuk membersihkan atau menghapus tulisan atau riwayat yang sudah kita tulis di dalam aplikasi Termux.

9. help

Perintah ini dimaksudkan agar kamu lebih paham tentang aplikasi ini terutama di perintah-perintanya. Jika kamu mengetikkan perintah ini, maka akan muncul semua perintah yang bisa kamu pakai.

Mungkin itu saja artikel hari ini yang bisa Kalempedia bahas kali ini. Dengan adanya penjelasan mengenai aplikasi Termux serta fungsi dan perintah dasarnya, saya harap kamu bisa lebih paham mengenai Termux.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar