Skip to main content

5 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit di Dunia

5 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit di Dunia

Biasanya kita hanya tahu atau membahas negara yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak. Namun pada artikel kali ini malah sebaliknya, kita akan memberitahukan ke kamu 5 negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia.

Mungkin jika kita ditanya oleh guru tentang "negara mana yang mempunyai penduduk terbanyak?", pasti saya rasa kamu sudah tahu jawabannya. Namun jika pertanyaan tersebut dibalik menjadi "negara mana yang mempunyai penduduk paling sedikit?", Saya yakin tidak semua dari kamu tahu jawabannya.

Karena itulah untuk menambah wawasan pengetahuan, yuk mari belajar bersama Kalempedia. Kira-kira negara mana sajakah itu? Simak berikut ini.

5 Negara Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit di Dunia

1. Vatikan City

Vatikan City (Kota Vatikan) merupakan negara enklave yang berarti negara yang dikelilingi atau di dalam negara lain.

Vatikan City berada di ibu kota Italia yaitu Roma.

Vatikan City hanya mempunyai penduduk sekitar 800 jiwa, hal ini sangat wajar sebab luas Vatikan City hanya 49 hektar (ha).

2. Tuvalu

selain terdaftar sebagai negara dengan jumlah penduduk paling sedikit, Tuvalu juga termasuk daftar negara dengan luas wilayah terkecil di dunia.

Negara yang berada diantara Hawai dan Australia ini, hanya memiliki luas wilayah 2590 hektar.

Jumlah penduduknya pun hanya sekitar 11.766 jiwa.

3. Nauru

Republik Nauru ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Pulau Pleasant dimana ini merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Mikronesia, Pasifik Tengah.

Pusat pemerintahan ada di Distrik Yaren, tetapi ini sebenarnya tidak memiliki ibukota resminya loh. Jadi sementara ini Distrik Yaren dianggap sebagai ibukotanya (secara de facto).

Dengan luas wilayah sekitar 21 kilometer persegi, Nauru memiliki jumalah penduduk sekitar 12 ribu jiwa pada 2019.

4. Palau

Republik Palau merupakan negara yang berada di Samudra Pasifik, yaitu 200km di sebelah utara Papua Barat.

Menurut Wikipedia, Republik Palau merdeka pada tahun 1994, dari wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Republik Palau mempunyai penduduk sekitar 18.079 dengan luas wilayah 458.5 kilometer persegi.

5. San Marino

Republik San Marino terletak di Italia. Sepertinya mirip Vatican letaknya, karena San Marino dikelilingi beberapa provinsi di Italia.

Negara terkecil ke lima di dunia ini memiliki luas 61,2 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 33.919 sampai saat ini.

Nah itu dia informasi mengenai negara yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Semoga artikel yang Kalempedia berikan bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar