jG0jqNSKGbSmOyWKUVvkKVd0yqT8pcZrO0ZMBeob
Bookmark

Cara Kompres Video Menggunakan Aplikasi Termux

cara-kompres-video-menggunakan-termux

Saat memori pada HP sudah mau penuh pasti cara yang kita lakukan ialah dengan menghapus file yang berukuran besar seperti video. Namun sering kali kita merasa bimbang untuk menghapus file video karena merupakan suatu hal yang berharga.

Akan tetapi hal itu bisa diakali, jika kamu ingin menyegarkan ruang penyimpanan tanpa harus menghapus video yang dianggap penting. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengkompres video tersebut.

Kompres video dilakukan untuk memperkecil ukuran file video agar tidak terlalu menyita ruang penyimpanan. Kompres video bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari aplikasi ataupun web kompresi online.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres video ialah Termux. Untuk lebih jelasnya silahkan simak caranya di bawah ini.

Cara Kompres Video Menggunakan Aplikasi Termux

Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Termux di HP, jika belum silahkan install terlebih dahulu di Playstore.

  • Buka aplikasi Termux yang kamu install.
  • Lalu jalankan perintah berikut satu persatu.
    		$ apt-get update && apt-get upgrade
    
    		$ termux-setup-storage
    
    		$ pkg install ffmpeg
    
    		$ pkg install libvpx
  • Setelah itu kamu masuk kedalam folder tempat file video tersebut disimpan. Jika tidak paham caranya, sekarang kamu pindahkan saja secara manual video yang ingin di kompres ke luar folder apapun di memori internal.
  • Setelah selesai memindahkan file videonya, akses memori internal menggunakan termux dengan perintah :
        	$ termux-setup-storage
    
    		$ cd /sdcard
    
    		$ ls
  • Kamu akan melihat daftar file dan folder yang ada di HP kamu, termasuk file video yang ingin dikompres. Dan untuk mengkompresnya, jalankan perintah seperti contoh di bawah ini:
        $ ffmpeg -i (nama video) -vf "scale=480:-1" -c:v libx264 -crf 28 -c:a aac -strict experimental (nama video setelah dikompres)
    CATATAN!
    1. (nama video) ganti dengan nama file video beserta ekstensinya.
    2. (nama video setelah dikompres) isi sesuai yang kamu inginkan.
    3. Angka 28 merupakan nilai tingkat kompresinya. Kamu bisa ganti sesuai dengan yang kamu inginkan mulai dari 18 sampai 30, semakin tinggi angkanya semakin tinggi nilai kompresinya.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, akan membutuhkan waktu yang cukup lama apabila file video yang dikompres mempunyai ukuran yang besar.
  • Selesai, kamu akan melihat file video baru di penyimpanan internal yang mana itu adalah file video yang sudah dikompres, untuk file aslinya tetap ada dan tidak akan terganti.

Resolusi maksimum setelah dikompres yaitu 480p jadi usahakan video yang akan kamu kompres resolusinya diatas 480p.

Seperti itulah cara kompres video menggunakan Termux. Jika dirasa sulit dan ribet kamu masih bisa menggunakan aplikasi laiinya.

Posting Komentar

Posting Komentar