Beranda
Komputer
Cara Menggunakan Google Docs di Laptop dengan Mudah dan Praktis
MasKalem
Mei 21, 2024

Cara Menggunakan Google Docs di Laptop dengan Mudah dan Praktis

Google Docs merupakan sebuah aplikasi pengolah kata berbasis online yang bisa diakses semua perangkat, salah stunya laptop.

Karena berbasis online, Google Docs dapat mempermudah pekerjaan dalam mengolah berbagai teks karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan memiliki laptop yang terhubung ke internet.

Pengolahan teks akan jadi le bih mudah dengan adanya Google Docs. Oleh sebab itu kamu wajib tahu cara menggunakan Google Docs di laptop.

Tidak semua orang mengetahui cara menggunakan Google Docs di laptop. Untuk itu untuk kamu yang mau tahu caranya dan ingin bisa menggunakannya silahkan simak artikel berikut di bawah ini.

Cara Menggunakan Google Docs di Laptop dengan Mudah dan Praktis

Terdapat beberapa langkah untuk bisa menggunakan Google Docs perhatikan setiap langkahnya.

  1. Mengakses Google Docs.

    Untuk bisa mengakses Google Docs kamu harus mempunyai akun Google atau Gmail. Setelah itu kamu bisa mengaksesnya lewat brower melalui link https://docs.google.com. Selanjutnya silahkan login menggunakan akunn Google atau Gmail.

  2. Membuat dokumen di Google Docs.

    Setelah berhasil mengakses, pengguna dapat memulai membuat dokumen di Google Docs. Cara membuat dokumen di Google Docs sangatlah sederhana. Pengguna hanya perlu klik ikon tambah yang terdapat pada halaman awal Google Docs.

  3. Mengedit Teks Di Google Docs.

    Setelah berhasil membuat dokumen baru di Google Docs, pengguna dapat mengedit teks dengan berbagai alat pemformatan yang tersedia. Alat pemformatan ini mencakup pengaturan font, pengaturan format teks, dan pengaturan tata letak teks dalam halaman1. Semua alat ini dapat ditemukan di bagian atas halaman dokumen Google Docs.

    Untuk menambahkan gambar dan tabel ke dokumen, pengguna bisa mengakses menu Sisipkan yang terdapat pada bar menu utama.

  4. Menyimpan dan mengunduh dokumen di Google Docs.

    Dokumen yang telah selesai dibuat dan diedit akan otomatis tersimpan di Google Docs. Pengguna tidak perlu melakukan tindakan penyimpanan manual, karena setiap perubahan di dokumen akan langsung disimpan di Google Docs.

    Perlu diketahui, penyimpanan di Google Docs berbasis Cloud dari Google Drive. Artinya, dokumen-dokumen yang tersimpan di Google Docs sebenarnya akan menggunakan ruang penyimpanan di Google Drive.

    Selain menyimpan, pengguna juga dapat mengunduh dokumen di Google Docs agar dapat dibuka secara offline di perangkat. Cara mengunduh dokumen di Google Docs sangatlah mudah: pengguna hanya perlu klik menu “File” dan pilih opsi “Download”.

    Selanjutnya, pengguna dapat mengunduh dokumen dalam berbagai format, seperti Docx, RTF, PDF, atau EPUB.

  5. Berbagi dokumen.

    Di Google Docs, pengguna tidak hanya dapat mengedit dokumen sendiri, tetapi juga berkolaborasi dengan pengguna lain dengan membagikan dokumen. Untuk membagikan dokumen, pengguna dapat klik menu “File” dan pilih opsi “Bagikan”.

    Setelah itu, pengguna dapat memilih “Bagikan kepada orang lain”. Dokumen dapat dibagikan melalui tautan atau dikirim melalui alamat email orang lain. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan izin kepada orang lain untuk turut mengedit dokumen.

    Itulah beberapa cara dasar untuk menggunakan Google Docs di laptop yang perlu diketahui oleh pengguna. Dengan memahami langkah-langkah di atas, pengguna akan lebih mudah mengoperasikan Google Docs di laptop.

    Selain penggunaan, penting juga bagi pengguna untuk mengetahui fungsi Google Docs. Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa fungsi Google Docs yang perlu diperhatikan.

Penulis blog

MasKalem
MasKalem
Kalem Mase!!!

Tidak ada komentar