Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Android yang Tiba-Tiba Keluar Sendiri (Force Close)

cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri

Force Close merupakan istilah untuk masalah aplikasi yang terhenti atau keluar secara tiba-tiba. Force Close sendiri menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para pengguna Smartphone Android. Masalah ini biasanya muncul dengan notifikasi yang bertuliskan Unfortunately, app has stopped atau Aplication.com android process telah berhenti saat pengguna sedang menjalankan aplikasi.

Penyebab dari aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri (Force Close) ada banyak bisa dari aplikasinya atau dari Smartphone si pengguna itu sendiri. Tidak perlu khawatir jika tiba-tiba kamu mengalami masalah seperti ini tidak perlu dibawa ke tempat service.

Akan tetapi sebaiknya kamu harus mengetahui lebih lanjut penyebab Force Close agar nantinya masalah ini tidak terjadi lagi. Berikut penyebab aplikasi keluar sendiri (Force Close).

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri (Force Close)

Faktor lain yang bisa mmenyebabkan aplikasi Android tiba-tiba keluar sendiri.

1.Chace Aplikasi yang Menumpuk

Setiap kita menjalankan aplikasi di Smartphone, file cache akan ditinggalkan di memori. Jika dibiarkan dan tidak dibersihkan maka file cache ini akan menumpuk dan menghambat kinerja Smartphone. Salah satu contoh saat kita akan menjalankan suatu aplikasi proses loading akan lama dan bahkan keluar sendiri sebelum aplikasi tersebut terbuka.

Maka dari itu jangan sepelekan hal kecil, dan rajinlah untuk membersihkannya jika tidak ingin Smartphone Android kamu mengalami masalah atau kendala.

2. Terdapat Bug Pada Aplikasi.

Jika bukan karena faktor dari perangkat pasti dari aplikasinya, salah satu penyebab masalah aplikasi sering keluar sendiri yaitu adanya bug pada aplikasi. Biasanya bug ini muncul saat pre rilis atau dalam masih tahap uji coba. Namun tidak menutup kemungkinan juga di aplikasi yang sudah stabil, karena nyatanya masih banyak aplikasi yang diupdate malah ada bug baru yang muncul walau bug lama hilang.

3. Ruang Penyimpanan Internal yang Hampir Penuh.

Ruang penyimpanan yang hampir penuh pasti akan menyebabkan menimbulkan masalah, biasanya akan terdapat notifikasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh. Kalau sudah ada notifikasi tersebut sebaiknya segera kosongkan ruang penyimpanan agar performa Smartphone tidak menurun dan tidak menimbulkan masalah.

4. Masih Menggunakan Sistem Operasi (OS) Lawas.

Android setiap tahun pasti mengupdate sistem operasinya. Jika kamu masih menggunakan versi lawas seperti Lolipop (5.0) atau bahkan lebih rendah lagi dijamin akan mengalami banyak kendala sebab zaman sekarang aplikasi mengalami peningkatan dan akan semakin berat jika digunakan pada sistem operasi lawas. Walupun kamu masih bisa menginstallnya akan tetapi tidak bisa berjalan dengan optimal lebih baik jangan menginstalnnya.

Perangkat Android Tidak Kompatibel dengan Aplikasi.

Jika perangkat hardware kamu kurang mumpuni, maka aplikasi yang dijalnkan mungkin tidak dapat berjalan dengan semestinya. Selain itu, tidak semua aplikasi dapat dijalankan pada perangkat Android dengan sistem operasi yang berbeda.

Oleh karena itu, pastikan perangkat kamu kompatibel tidak dengan aplikasinya agar saat aplikasinya dijalankan dapat berlalan dengan lancar.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar sendiri (Force Close)

Setelah mengetahui penyebab Force Close, sekarang kita lanjut ke cara mengatasinya. Berikut cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri.

1. Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa kamu gunakan ialah dengan merestart smartphone. restart sendiri berguna untuk memperbaiki bug pada sitem di aplikasi.

Selain itu, restart juga berfungsi menyegarkan sistem, menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, dan menghapus file-file sementar di smartphone.

Kamu bisa melakukan restart dengan menekan tombol power selama kurang lebih 10 detik.

2. Tutup Aplikasi Secara Paksa

Paksa berhenti untuk aplikasi yang keluar sendiri merupakan cara cepat agar tidak terjadi Crash. Sebab terkadang aplikasi jadi Force Close disebabkan oleh bug pada aplikasi sehingga meghambat kinerja sistem. Berikut cara melakukan paksa berhenti pada aplikasi yang Force Close.

  • Buka Pengaturan pada Smartphone Android.
  • Pilih Aplikasi & Notifikasi.
  • Klik opsi Lihat Semua Aplikasi untuk melihat aplikasi di Samrtphone.
  • Pilih aplikasi yang sebelumnya mengalami Force Close.
  • Terakhir, klik tombol Paksa Berhenti untuk mematikan aplikasi.

3. Install Ulang atau Update Aplikasi

Coba install ulang pada aplikasi yang sering keluar sendiri, jika masih mengalami masalah yang sama coba cek versi pada aplikasinya barangkali versi yang kamu gunakan merupakan versi yang lama. Silahkan update di Playstore karena biasanya aplikasi melakukan update untuk membuang bug yang ada didalamnya.

4. Memberihkan Cache

Cache yang tidak dibersihkan secara berkala akan menumpuk dan akan mengakibatkan performa Smartphone menurun. Hal inilah yang kemudian menyebkan aplikasi sering keluar sendiri secara tiba-tiba.

Lakukanlah pembersihan cache secara rutin agar performa Smartphone tidak cepat menurun dan tidak akan mengakibatkan masalah lainn seperti Force Close. Berikut cara untuk menghapus cache jika kamu tidak tau caranya.

  • Buka Pengaturan Pada Smartphone Android.
  • Gulir ke bawah dan klik menu Aplikasi.
  • Cek setiap daftar daftar aplikasi di Smartphone Android dan klik Penyimpanan.
  • Pilih opsi Cache lalu klik Clear Cache.

Kamu dapat melakukan cara yang sama untuk semua aplikasi supaya cache tidak menumpuk dan permorma menjadi lebih stabil.

5. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Ruanng penyimpanan yang hampir penuh , bisa menghambat kinerja pada Smartphone salah satunya aplikasi yang sering keluar secara tiba-tiba (Foce Close). Untuk itu perlu dilakukan pengosongan pada ruang penyimpanan.

Pilih file yang sudah tidak penting mulai dari gambar, video atau games yang sudah tidak lagi dimainkan. Jika sudah silahkan hapus agar ruang penyimpanan menjadi lega dan tidak menggau performa Smartphone.

6. Reset Data Pabrik (factory Reset)

Cara terakhir jika cara di atas tidak bisa mengatasinya dalah dengan melakukan Factory Reset. Berikut caranya.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Cari opsi General Management.
  • Klik Reset lalu pilih Factory Reset.

Demikisn Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Android yang Tiba-Tiba Keluar Sendiri. Jika suatu saat nanti terjadi lagi kamu sudah tidak perlu khawatir lagi sebab kamu sudah mengetahui penyebab serta cara mengatasinya.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar