Beranda
Internet
Tips Aman Berselancar di Internet Agar Terhindar Dari Serangan Hacker
MasKalem
Mei 23, 2024

Tips Aman Berselancar di Internet Agar Terhindar Dari Serangan Hacker

Tips Aman Berselancar di Internet - Di zaman ini internet seperti sudah menjadi kebutuhan primer. Sebab, jika tidak memliki koneksi internet terasa bingung, susah, gelisah atau yang lainnya. Apalagi untuk mereka yang kerja atau kegiatan sehari-harinya menggunakan internet pasti sangat merasa susah jika tidak memiliki koneksi internet.

Namun perlu Anda ketahui bahwa internet tidak selamanya aman. Banyak hacker diluaran sana yang selalu mencari mangsanya lewat internet seperti menyebar link palsu atau Phising. Jadi jangan pernah lalai terhadap data privasi Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut Kalempedia akan memberikan Tips Aman Berselancar di Internet Agar Terhindar Dari Serangan Hacker. Berikut di bawah ini tips untuk mencegah hal tersebut, simak baik-baik.

12 Tips Aman Berselancar di Internet

Ada 12 cara atau tips yang perlu Anda ketahui supaya dapat terhindar dari berbagai macam serangan yang ada di internet.

1. Gunakan Browser Versi Terbaru

Jangan sampai pernah telat untuk memperbarui browser ke versi terbaru, karena browser yang jarang diperbarui rentan terkena serangan. Maka dari itu jika ada notifikasi untuk melkukan pembaruan lebih baik langsung diperbarui.

Pembaruan pada browser ataupun aplikasi lainnya biasanya untuk menutup Bug atau celah yang ada, dimana celah tersebut yang menjadi pintu dari serangan para hacker untuk mengambil data pribadi Anda.

2. Jangan Pernah Download Software Bajakan

Jangan hanya karena ingin mendapatkan software tanpa harus mengeluarkan uang keamanan data Anda dipertaruhkan. Saya sarankan untuk tidak menginstall software bajakan karena hal ini sangat rentan disisipi virus.

Virus dapat dengan mudah masuk lewat software bajakan dikarenakan pada saat proses pemasangan antivirus wajib dimatikan. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, antivirus yang seharusnya menjaga Laptop atau PC Anda dari virus malah dimatikan dengan begitu virus dapat leluasa masuk ke perangkat Anda.

Kalempedia sarankan untuk selalu gunakan software yang legal atau gunakan versi trial jika tidak mempunyai uang untuk membeli lisensinya.

3. Jangan Klik Iklan Sembarangan

Pada setiap website biasanya terdapat iklan yang menawarkan berbagai produk. Akan tetapi tidak semua iklan itu aman, sebab ada beberap iklan yang jika diklik akan secara otomatis mengunduh sebuah file biasanya berupa software. Jika file yang terunduh tadi dijalankan dan ternyata itu adalah software jahat yang sudah disisipi virus maka selesai sudah data Anda.

Biasanya iklan seperti ini banyak muncul di web download software bajakan, judol, dan streaming bajakan. Hati-hati jika suatu saat Anda tidak sengaja mengklik iklan dan ada software yang terunduh langsung hapus saja untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

4. Hindari Menggunakan komputer Publik

hindari menggunakan komputer publik. apabila terpaksa menggunakan komputer publik disarankan jangan mengakses yang berkaitan dengan akses situs, layanan, aplikasi, atai berbagai hal lainnya yang bersifat pribadi atau privasi terutama yang berkaitan dengan perbankan. Gunakan komputer publik hanya untuk browsing biasa saja.

5. Gunakan Fitur Managemen Password

Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun. Walaupun dirasa sulit dan menyusahkan akan tetapi cara ini efektif untuk menghindari pencurian data.

Untungnya sekarang ada fitur managemen password yang dapat mempermudah, tidak perlu mengingat password di setiap akun. Jadi tidak perlu repot-repot menghafal password di setiap akun.

6. Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Gunakan fitur autentikasi dua faktor untuk mengamankan password Anda. Fitur ini sudah dipakai oleh hampir semua layanan internetnet yang bersifat sensitif, seperti perbankan.

Maka dari itu segera pakai autentikasi dua langkah untuk mengamankan data Anda. Fitur ini sudah terbukti aman karena serangan hacker berkurang dua kali lipat.

7. Gunakan Antivirus yang Real Time Protection

Jika anda pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan antivirusnya yang bernama Microsoft Windows Deffender. Walaupun banyak bilang kalau Windows Deffender kurang ampuh untuk mengatasi virus dan program jahat yang masuk ke perangkat Anda.

Akan tetapi saya tetap rekomendasikan ke Anda karena selain gratis, indows deffender juga selalu memberikan update secara berkala untuk para penggunanya. Namun dengann catatan Anda menggunakan Windows versi Original bukan yang bajakan.

8. Gunakan Sistem Operasi Veri Terbaru

Seperti halnya browser yang harus selalu update, sistem operasi juga harus selalu update ke veri yang terbaru. Jika Anda masih menggunakan versi Windows 7, XP, atau Vista lebih baik update ke versi 10 atau ke 11. Apalagi Windows 7 sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.

9. Selalu Waspada Saat Melakukan Transaksi

Sekarang ini internet sangat membantu kita salah satunya melakukan transaksi online. Akan tetapi, hal ini juga perlu diwaspai juga apalagi jika menggunakan raingan wifi gratis yang terbuka secara umum.

Menggunakan jaringan wifi gratis di tempat umum sangat beresiko. Kenapa beresiko? Karena bisa diakses oleh banyak orang, tentu bisa saja ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencoba untuk mencuri data-data pribadi Anda, bahkan termasuk password hingga identitas kartu kredit Anda.

10. Selalu perhatikan Tingkat Keamanan Website yang Kamu Kunjungi

Sebelum Anda melakukan proses input data pribadi atau melakukan transaksi, lebih baik cek dulu website tersebut aman atau tidak. Pastikan website tersebut sudah menggunakan teknologi enkripsi pada pengiriman paket datanya, biasanya ditandai dengan logo HTTPS yang berwarna hijau pada alamat web tersebut.

Kalau tersedia, Anda bisa memasukkan data-data pribadi, karena tiap paket data yang dikirim oleh web tersebut akan dienkripsi secara langsung. Tapi, jika tidak ada, alangkah baiknya untuk tidak melakukannya. Selain tidak aman, ada celah yang bisa dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data pribadi Anda.

11. Gunakan VPN

Karena keperluan yang mengharuskan mengakses website luar negeri, disarankan untuk menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN alamat IP Anda akan sulit terlacak, sehingga meminimalisir tindak kejahatan. Cara termudah untuk menggunakan VPN yaitu dengan menggunakan plugin atau ekstensi pada browser.

12. Selalu Waspada Terhadap Link Phising

Phising merupakan tindak kejahatan yang paling sering digunakan di internet yaitu dengan mencuri data login pengguna. Jika Anda dibawa ke tempat login yang menyerupai dengan halaman login suatu website seperti Facebook, Amazon, Alibaba, atau yang lainnya cek terlebih dahulu alamat domainnya valid atau tidak.

Contohnya jika Anda di bawa ke menu halaman login Facebook namun alamat domainnya bukan facebook.com melainkan yang lain seperti facebooklogin.top sudah dapat dipastikan bahwa halaman tersebut merupakan halaman phising.

Demikian Tips Aman Berselancar di Internet Agar Terhindar Dari Serangan Hacker semoga tips yang sudah saya berikan bisa membantu Anda dalam menjaga data pribadi dan bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu memberikan ulasan di kolom komentar.

Penulis blog

MasKalem
MasKalem
Hanya seorang Blogger amatiran!

Tidak ada komentar