Beranda
Informasi
X.com Kini Resmi Gantikan Domain Twitter
MasKalem
Mei 21, 2024

X.com Kini Resmi Gantikan Domain Twitter

Twitter.com kini resmi ganti menjadi x.com yang sebelumnya hanya namanya yang diganti menjadi X, sekarang pada nama alamat webnya. Sekarang tidak ada lagi embel-embel twitter lagi dalam nama domain webnya.

Artinya jika kamu mengakses ke twitter.com secara otomatis akan ke redirect ke x.com. Jika mata kamu jeli, kamu akan melihat notifikasi di bagian bawah kalau x sudah ganti URL.

“Kami memberi tahu Anda bahwa kami mengubah URL kami, tetapi pengaturan privasi dan perlindungan data Anda tetap sama,” tulis X.

Perpindahan nama domain dari Twitter ke X jadi salah satu aspek yang 'canggunng' dalam langkah Elon Musk mengubah citra perusahaan.Sudah sejak lama domain Twitter tetap dipakai walau perusahaan sudah ganti nama menjadi X.

Setelah diakuisi oleh Elon Musk banyak perubahan yang terjadi pada Twitter seperti istilah tweet diganti jadi post, retweet diganti jadi repost, dan juga logo burung biru yang sudah jadi logo khas Twitter diganti dengan logo X berwarna putih dengan background warna hitam.

Info Penting! Domain X pernah diblokir Kominfo

Saat twitter mengganti nama domainnya menjadi x.com, kominfo sempat memblokirnya. hal itu terjadi karena sebelumnya nama domain tersebut digunakan sebagai alamat situs web yang berisi konten negatif yang melanggar aturan di Indonesia.

Waktu kemarin jika kita ingin mengkases X kita harus mengetik twiiter.com pada browser baru akan bisa mengakses X jika langsung mengetikan x.com maka akan kena blokir kominfo.

"X.com sebelumnya pernah dipakai untuk situs lainnya yang tidak sesuai dengan perundangan kita, masuk dalam list blokir Kominfo," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong, kepada kumparan, Selasa (25/7/2023).

Untungnya kini domain x.com sudah tidak lagi diblokir oleh Kominfo dan sudah bisa diakses tanpa harus memakai domain yang lama yakni twitter.com.

Penulis blog

MasKalem
MasKalem
Hanya seorang Blogger amatiran!

Tidak ada komentar