Blog

Pengertian dan Manfaat Backlink

MasKalem
April 08, 2024
0 Komentar
Beranda
Blog
Pengertian dan Manfaat Backlink
Pengertian dan Manfaat Backlink

Backlink menjadi faktor penunjang website untuk bisa nangkring di halaman pertama mesin pencarian. Semakin banyak backlink yang masuk ke website kita, maka website kita menjadi lebih bagus. Sebab backlink juga termasuk dari salah satu SEO Off Page.

Untuk mendapatkan backlink itu tidaklah mudah. Terkadang kita harus mengeluarkan sedikit uang untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas.

Akan tetapi sebelum kamu membuat backlink atau bahkan memesan backlink ke seseorang, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu backlink dan manfaatnya untuk website kita.

Apa Itu Backlink?

Backlink atau prana balik merupakan link yang masuk ke suatu situs website atau halaman website. Menurut Wikipedia sendiri backlink juga disebut dengan link masuk, inbound link dan inlink.

Backlink bisa berupa link aktif ataupun tidak aktif, contoh seperti ini.

Ada seorang blogger yang dengan sengaja mengambil gambar dari website kamu untuk dipasang di blognya. Untuk menghargai kamu, blogger tersebut menyelipkan link alamat website di blognya sepert ini.

  • Gambar dari www.websitekamu.com
  • Sumber dari www.websitekamu.com
  • Dll

Karena telah menyelipkan link di blognya walaupun berupa link mati, namun hal tersebut bisa dikatakan sebagai backlink.

Backlink juga dibagi menjadi 2 jenis yakni backlink dofollow dan backlink nofollow. Untuk yang saya contohkan di atas merupakan contoh dari backlink nofollow.

Manfaat Backlink Untuk Website

Manfaat backlink yang paling utama ialah untuk meningkatkan SEO pada website kamu. Tapi bukan itu saja, berikut beberapa manfaat dari backlink untuk website kamu.

  1. Membangun otoritas situs website kamu.
  2. Meningkatkan DA blog.
  3. MEndatangkan trafik yang tinggi.
  4. Sebagai promosi.

Itu dia penjelasan yang bisa Kalempedia berikan ke kamu. Jika kamu ingin mendapatkan backlink, kamu harus sedikit berusaha karena seperti yang sudah saya bilang di atas.

Penulis blog

MasKalem
MasKalem
Kalem Mase!!!